SURABAYATODAY,ID, SURABAYA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya berkolaborasi dengan marketplace (pasar daring) Tokopedia memasarkan atau menjual produk UMKM di Surabaya Kriya Galeri. Penjualan dilakukan secara live streaming, Sabtu (23/7).
Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia Emmiryzan menjelaskan, Tokopedia membantu para pelaku UMKM di Kota Surabaya melalui sumber daya digital. “Hari ini adalah sebagian dari kerjasama strategis kami antara Tokopedia dengan Pemkot Surabaya, kami melihat produk unggulan dalam kategori fashion dan kuliner sangat diminati masyarakat. Maka, kami membantu untuk memasarkan produk para pelaku UMKM binaan dari Dekranasda Kota Surabaya secara digital,” katanya.
Ia menjelaskan, Tokopedia percaya bahwa kunci untuk menghadapi pandemi Covid-19 adalah dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk dalam hal ini adalah berkolaborasi dengan Dekranasda di kabupaten/kota lainya.
“Memang Surabaya bukan yang pertama, tetapi Surabaya adalah yang terdepan. Jadi, kami memberikan banyak fasilitas kepada Dekranasda Kota Surabaya agar bisa dimanfaatkan, seperti layanan live shopping saat ini,” jelas dia.
Selanjutnya, alasan memilih UMKM adalah Tokopedia memiliki lebih dari 12 juta penjual yang tersebar di seluruh Indonesia, yang sebagian besar adalah UMKM. Bagi Tokopedia, UMKM adalah mitra terpenting dan strategis, untuk misi melakukan pemerataan ekonomi secara digital Indonesia.
“Kita semua sepakat bahwa UMKM adalah tulang punggung dari perekonomian Indonesia dan di masa pandemi seperti saat ini UMKM menjadi garda terdepan dalam rangka pemulihan ekonomi,” katanya kembali.
Karenanya, ia percaya dengan mendigitalkan para pelaku UMKM, bisa memperluas pemasaran ke seluruh Indonesia. “Karena Tokopedia telah menjangkau di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (ST01)