SURABAYATODAY.ID, BALI – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Acara ini digelar di Hotel Discovery Kartika Plaza, Kab. Badung, Bali, Senin (9/5) malam. Rakernas dibuka Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin
Mengamini pedoman dan amanah yang diberikan Ma’ruf Amin, Emil mengatakan bahwa Jatim senantiasa berfokus pada kebangkitan ekonomi rakyat pasca pandemi dengan menguatkan ekonomi pedesaan dan menitikberatkan kepada kualitas hidup. Sehingga, apa yang tengah dilakukan Jatim sudah sejalan dengan arahan yang ada.
“Ini kami lakukan melalui pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas. Jatim juga turut mensukseskan program afirmasi UMKM dan produk dalam negeri dalam belanja pemerintah daerah,” tuturnya.
Ke depan, mantan Bupati Trenggalek itu mengatakan bahwa Jatim akan terus berupaya pada peningkatan kualitas dan kehidupan masyarakat. Entah itu dari aspek ekonomi maupun kualitas SDM.
“Meski kami tengah melakukan apa yang sedang kami lakukan, insya Allah kami tidak akan berhenti sampai di sini saja. Arahan Pak Wapres akan kami pegang dan kami jadikan referensi di masa depan untuk kepemerintahan yang lebih baik lagi,” imbuhnya.
Emil berharap agar APPSI senantiasa menjadi wadah untuk memperjuangkan kemajuan tata kelola Pemerintah Provinsi. Tak hanya itu, ia mengharapkan agar APPSI senantiasa menjadi jembatan antara pemerintah pusat dan kabupaten/kota.
“Memang saat ini APPSI tidak akan lepas dari tantangan realita politik dan ekspektasi yang semakin tinggi dari publik ditengah tantangan sumber daya fiskal. Namun saya tetap berharap agar APPSI mampu menjaga marwahnya sehingga tetap bisa memperjuangkan tata kelola kepemerintahan,” tutupnya.
Sebagai informasi, Rakernas APPSI 2022 diadakan selama 3 hari, yakni tanggal 9-11 Mei 2022 dan dipimpin oleh Ketua Umum APPSI Anies Baswedan. Dari 34 provinsi yang diundang, sebanyak 19 Gubernur hadir secara langsung dan 7 diwakili oleh Wakil Gubernur. Sedangkan, 8 lainnya diwakili oleh Sekretaris Daerah/Eselon II. (ST02)