SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Pemkot Surabaya terus berupaya memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat. Karena itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengunjungi Mal Pelayanan Publik Siola, Jumat (18/2).
Ia berkeliling melakukan pengecekan kualitas pelayanan publik. Sebab, ia akan segera membenahi Mal Pelayanan Publik Siola itu, agar lebih mempermudah warga yang hendak mengakses pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) hingga mengurus perizinan.
Pertama, ia melakukan pengecekan di lantai tiga gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, kedua ia menuju Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP), hingga menuju ke lantai dasar Mal Pelayanan Publik Siola.
“Kalau ada orang yang ingin jalan-jalan dan mengurus KTP ke Surabaya, bisa datang ke Siola dan dalam waktu satu hari harus jadi. Ini yang saya siapkan, tempat pelayanannya pun juga harus nyaman,” kata Eri Cahyadi.
Selanjutnya, terkait dengan klinik investasi yang berada di gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM&PTSP), ia meminta bahwa nantinya setiap orang datang di Kota Surabaya sudah mengetahui lokasi yang tepat untuk Central Business District (kawasan pusat bisnis), pengembangan perdagangan, hingga lokasi industri strategis.
“Orang ke Surabaya itu harus tahu, maka harus ada petanya. Jadi saya minta ada informasi visual melalui video, agar orang yang datang itu sudah tidak perlu bertanya lagi dan yang menjelaskan adalah orang yang memang mengerti terkait bagaimana mengembangkan Kota Surabaya,” terang dia.
Ia juga menginginkan, bahwa warga Surabaya nantinya bisa menjadi bagian dari UMKM dengan membuat usahanya sendiri. Seperti alat bangunan, pembuatan paving dan lainnya, agara APBD Kota Surabaya tahun 2022 nanti bisa difokuskan pada ekonomi kerakyatan.
“Saya ingin masyarakat itu bisa merasakan bahwa ekonomi kerakyatan yang ada di Surabaya ini berjalan. Termasuk menggerakkan UMKM itu pelayanannya seperti apa, contoh dengan melakukan pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha),” jelas dia.
Eri tak menyangka, bahwa pelayanan yang tersedia di Mal Pelayanan Publik Siola sangat cepat dan memudahkan warga dalam mengurus adminduk maupun perizinan usaha.
“Alhamdulillah dengan adanya perubahan pelayanan, tadi warga mengatakan bahwa jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat dari tahun kemarin. Mereka semua merasa nyaman dan merasa cepat mendapat pelayanan,” ungkap dia.
Ia berkomitmen terus meningkatkan pelayanan. “Tapi memang saya punya prioritas, yakni perizinan dan adminduk terlebih dahulu. Saat ini sudah mulai berjalan semuanya,” kata dia. (ST01)