SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Bulan Maret 2021 lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan aplikasi WargaKu Surabaya. Aplikasi ini sebagai media pengaduan dan layanan untuk warga Kota Surabaya menyampaikan kritik, saran, permohonan informasi, keluhan atau apresiasi kepada Pemkot Surabaya.
Aplikasi ini ternyata sangat diminati warga. Terbukti, selama 2021 atau mulai Maret hingga akhir Desember 2021, ada sebanyak 11.316 pengaduan yang masuk ke dalam aplikasi tersebut.
Dari jumlah itu, sebanyak 11.116 pengaduan telah diselesaikan pada tahun 2021. Sisanya 200 pengaduan ditindaklanjuti pada tahun 2022.
“Dari pengaduan itu, lebih dari 50 persen diselesaikan dalam waktu tiga hari, dan 80 persen langsung direspon kurang dari 24 jam,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser, Sabtu (29/1).
Menurut dia, pengaduan dengan jenis topik administratif rata-rata diselesaikan dalam rentang waktu 2-5 hari. Sedangkan pengaduan dengan jenis topik fisik rata-rata diselesaikan dalam rentang waktu 7-15 hari.
“Kemudian pengaduan dengan jenis topik lain-lain rata-rata diselesaikan dalam rentang waktu 4-7 hari,” tegasnya.
Ia juga memastikan bahwa dari 11.316 pengaduan yang masuk, 77,1 persen pengaduan dilaporkan oleh laki-laki dan 22,9 persen oleh perempuan. Sedangkan pengaduan berdasarkan usia, ada 3,7 persen rentang usia 11-20 tahun, 25,2 persen rentang usia 21-30 tahun, 32,4 persen rentang usia 31-40 tahun, 25,6 persen rentang usia 41-50 tahun, 10,3 persen rentang usia 51-60 tahun, dan 2,8 persen rentang usia 61-70 tahun. (ST01)