• Redaksi
  • Contact
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Selasa, 9 Desember 2025
-18 °c
  • Login
Surabaya Today
  • Home
  • Peristiwa
  • Politik & Pemerintahan
  • Hukum & Kriminal
  • Ekbis
  • Serba Serbi
    • Olahraga
    • Sosbud
  • Daerah
  • Advertorial
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Politik & Pemerintahan
  • Hukum & Kriminal
  • Ekbis
  • Serba Serbi
    • Olahraga
    • Sosbud
  • Daerah
  • Advertorial
  • Indeks
No Result
View All Result
Surabaya Today
No Result
View All Result
Home Headlines

Eri Inginkan Pelayanan di Dispendukcapil Tak Berbelit-belit

by Redaksi
Senin, 14 April 2025
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memberikan pengarahan kepada pegawai di kantor Dispendukcapil, Mal Pelayanan Publik Siola.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memberikan pengarahan kepada pegawai di kantor Dispendukcapil, Mal Pelayanan Publik Siola.

SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggear rapat koordinasi bersama Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Eddy Christijanto, beserta jajarannya di kantor Dispendukcapil, Mal Pelayanan Publik Siola Lantai 3, Senin (14/4). Ia menegaskan komitmen untuk memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah, dan transparan.

Eri menekankan bahwa pelayanan publik di Kota Pahlawan harus mengedepankan transparansi dan bebas dari pungutan liar (pungli). “Saya minta pelayanan jelas dan gamblang, jangan dilempar-lempar. Kalau ada yang mengurus izin, harus langsung jelas, ini ditolak atau diterima sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Ratusan Warga Binaan Liponsos Keputih Surabaya Salurkan Hak Pilih di Pilkada 2024

Ia menyoroti beberapa permasalahan pelayanan publik yang masih ditemukan di lapangan. Antara lain penolakan perizinan yang tidak transparan, penggunaan barcode yang kurang efektif, dan kecenderungan untuk melimpahkan masalah ke pengadilan.

Ia mencontohkan kasus pengajuan akta perkawinan yang ditolak karena perbedaan nama di Kartu Keluarga (KK) dan surat keterangan dari gereja, yang mengharuskan pemohon ke pengadilan untuk mendapatkan keabsahan.

“Saya harap tidak semua dilempar ke pengadilan, karena bisa dilakukan verifikasi ke penerbitnya. Kalau yang mengeluarkan gereja, bisa tanya ke sana dengan melampirkan foto, benar atau tidak ini orangnya, kecuali yang mencatatkan tidak tahu, perlu ke pengadilan. Jangan pernah ada yang mempersulit sama sekali, sebab kalau itu terjadi, masalah berbelit-belit dalam pengurusannya,” tegasnya.

BACA JUGA:  Selama Ramadan Bakal Dilakukan Patroli Gabungan

Karena itu, Ia meminta Dispendukcapil untuk menjelaskan Prosedur Tetap (Protap) atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas kepada masyarakat jika terjadi perbedaan data. “Setelah itu, harus bisa memberikan solusi konkret kepada masyarakat, kecuali jika aturan yang berlaku tidak memungkinkan,” tambahnya.

Terkait adanya dugaan pungli, Eri menegaskan bahwa pihaknya tidak segan memberikan sanksi bagi yang terbukti melakukan pungutan liar atau mempersulit pelayanan.“Saya pastikan itu tidak terjadi lagi, pasti akan saya pecat, karena pelayanan publik harus utama,” tandasnya. (ST01)

BACA JUGA:  Jelang Musim Hujan, Lakukan Mitigasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir Lewat Bersih-Bersih Sungai
Tags: DispendukcapilEri CahyadiMal Pelayanan PublikPelayanan Publik
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Tim Spektronics ITS berhasil menyapu  tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Seoul International Invention Fair 2025 di Seoul, Korea Selatan.

Tim Spektronics ITS Borong Tiga Penghargaan Internasional di Korea

Selasa, 9 Desember 2025
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam misi dagang Jatim dengan Kepri.

Misi Dagang Jatim-Kepri Catatkan Transaksi Tertinggi Capai Rp 4,456 Triliun

Senin, 8 Desember 2025
Seminar Innovative Government Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.

Wali Kota Eri Cahyadi Paparkan Model Satu Data Surabaya di IGA 2025

Senin, 8 Desember 2025
Dishub Surabaya turun menindaklanjuti pengaduan warga tentang parkir tepi jalan umum.

Dishub Surabaya Ancam Derek Mobil Warga yang Parkir Sembarangan di Embong Malang

Senin, 8 Desember 2025

Berita Terkini

Tim Spektronics ITS berhasil menyapu  tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Seoul International Invention Fair 2025 di Seoul, Korea Selatan.

Tim Spektronics ITS Borong Tiga Penghargaan Internasional di Korea

Selasa, 9 Desember 2025
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam misi dagang Jatim dengan Kepri.

Misi Dagang Jatim-Kepri Catatkan Transaksi Tertinggi Capai Rp 4,456 Triliun

Senin, 8 Desember 2025
Seminar Innovative Government Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat.

Wali Kota Eri Cahyadi Paparkan Model Satu Data Surabaya di IGA 2025

Senin, 8 Desember 2025
Dishub Surabaya turun menindaklanjuti pengaduan warga tentang parkir tepi jalan umum.

Dishub Surabaya Ancam Derek Mobil Warga yang Parkir Sembarangan di Embong Malang

Senin, 8 Desember 2025
Penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako kepada warga kurang mampu di Kelurahan Sumur Welut, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya.

Senyum Warga Muncul saat Sembako Dibagikan di Sumur Welut

Senin, 8 Desember 2025
Surabaya Today

© 2019 Surabaya Today

Navigate Site

  • Redaksi
  • Contact
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Politik & Pemerintahan
  • Hukum & Kriminal
  • Ekbis
  • Serba Serbi
    • Olahraga
    • Sosbud
  • Daerah
  • Advertorial
  • Indeks

© 2019 Surabaya Today

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In