SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji menjelaskan, pelayanan jemput bola administrasi kependudukan (adminduk) dibagi dua. Ada goes to school dan goes to kampung.
Menurutnya, goes to school ini penting dilakukan. Sebab warga yang sudah berusia 18 tahun masih enggan melakukan perekaman KTP-el. Sebaliknya, mereka terkesan santai meskipun belum punya KTP.
“Maka dari itu, kita datangi mereka ke sekolah-sekolah, dan akhirnya mereka pun bersemangat melakukan perekaman e-KTP,” kata Agus.
Yang tak kalah pentingnya juga goes to kampung. Layanan ini menyasar warga yang sepuh, sakit, dan warga-warga yang tidak bisa memanfaatkan layanan Klampid. Dalam layanan ini, Dispendukcapil bekerjasama dengan pihak kelurahan untuk mengumpulkan warga yang belum tersentuh Klampid.
“Konsepnya, Pak Lurah mengumpulkan beberapa warganya di balai RW, ada yang hanya 10 orang, ada yang 15 itu dikumpulkan, lalu kita datangi kampung-kampung itu dengan armada Jebol Anduk (Jemput Bola Adiministrasi Kependudukan),” katanya.
Sebenarnya, lanjut dia, inovasi ini sudah ada sejak lama, akan tetapi masih belum masif dan armada Jebol Anduk milik Dispendukcapil hanya ada satu. Namun, setelah mendapatkan CSR dari Bank Jatim dengan bantuan 4 armada dan 4 alat perekaman, akhirnya kini Dispendukcapil semakin masif melakukan program goes to school dan goes to kampung.
“Nah, kampung itu tentu tidak hanya di perkampungan, tetapi juga rusun-rusun,” katanya.
Agus menegaskan, melalui berbagai program jemput bola ini, ia berharap pelayanan Adminduk di Kota Surabaya dapat menyasar ke semua warga Kota Surabaya. “Itulah tujuan dan harapan kita bersama,” pungkasnya.
Untuk di Balai RW, salah satunya telah dilakukan di Balai RW 14 rusun Urip Sumoharjo. Perekaman KTP-el dilakukan mulai dari pukul 08.30 – 10.30 WIB. Sedangkan untuk di sekolah juga telah dilakukan di SMAN 9 yang digelar mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Sedangkan di Rumah Warga Lansia / Disabilitas, Kecamatan Sawahan berlangsung mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. (ST01)





