SURABAYATODAY.ID, SURABAYA — Upaya meningkatkan kapasitas pelaku UMKM terus dilakukan berbagai pihak. Hal itu terlihat dalam kegiatan Entrepreneurship Opportunity Sharing Seminar & Training bertema “Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Bisnis dan Pengembangan Usaha” yang digelar Ciputra Entrepreneurs Club (CEC) bekerja sama dengan Kelurahan Babat Jerawat, Surabaya, Selasa (09/12/2025).
Kegiatan ini diikuti puluhan pelaku UMKM binaan kelurahan dengan fokus peningkatan kompetensi digital, pemasaran online, dan strategi branding berbasis teknologi.
Lusiana, perwakilan Ciputra Entrepreneurs Club menyampaikan bahwa perkembangan kecerdasan buatan saat ini merupakan peluang besar bagi pelaku usaha dalam mempercepat promosi dan pengembangan bisnis.
“Di era digital ini, AI bukan hanya tren, tapi kebutuhan. Pelaku usaha yang mampu menggunakan teknologi akan lebih mudah bersaing di pasar modern,” ujarnya saat membuka seminar.
Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapatkan pembekalan mulai dari cara membuat konten promosi, desain kemasan, analisis pasar, hingga pembuatan rencana bisnis berbasis teknologi AI.
Peserta terlihat antusias mengikuti sesi praktik langsung ketika trainer menunjukkan cara membuat konten pemasaran hanya dalam hitungan menit menggunakan platform berbasis AI.
Lurah Babat Jerawat, Bagus Supriyadi, mengapresiasi kegiatan ini dan menyebutnya sebagai langkah strategis untuk mendorong UMKM naik kelas. “Pelaku UMKM saat ini tidak bisa hanya mengandalkan metode lama. Mereka harus beradaptasi dengan teknologi agar usaha mereka semakin berkembang dan mampu bersaing,” tegasnya.
Ia juga menyampaikan komitmen Kelurahan Babat Jerawat untuk mendukung program lanjutan pendampingan UMKM.
Sementara itu, salah satu peserta bernama Ana, pelaku usaha kuliner, mengaku sangat terbantu melalui pelatihan ini. “Saya biasanya kesulitan membuat promosi dan desain produk. Setelah ikut pelatihan ini, semua jadi lebih mudah karena AI bisa membantu dengan cepat,” ungkapnya.
Sedangkan CEC menyampaikan bahwa agenda ini merupakan bagian dari program pengembangan usaha berkelanjutan yang akan terus dilakukan bersama UMKM lokal agar mereka semakin siap menghadapi pasar digital.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelaku UMKM Babat Jerawat dapat meningkatkan kualitas produk, memperluas jaringan pemasaran, serta memperkuat peran ekonomi masyarakat di era digital.(ST11)






