SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kembali meresmikan Sentra Pelayanan Publik di Pakal, tepatnya di Taman Cahaya Pakal, Surabaya, Sabtu (18/5). Hadir dalam peresmian itu Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Ketua TP PKK Surabaya Rini Indriyani dan juga forkopimda Surabaya.
Dalam peresmian itu, Wali Kota Eri juga memberikan secara langsung Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diurus warga. Ia juga meninjau langsung sentra pelayanan publik itu.
Eri mengatakan bahwa Pemkot Surabaya berkomitmen terus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, dia juga berkomitmen mempercepat pelayanan.
“Kalau ada orang yang kesulitan untuk mengurus sesuatu di Balai RW bisa langsung ke sini. Atau kalau sedang jalan-jalan ingin mengurus sesuatu, bisa langsung mampir ke Sentra Pelayanan Publik ini,” katanya.
“Pada intinya, melalui Sentra Pelayanan Publik ini maka pelayanan lebih dekat dengan warga dan pelayanan lebih cepat,” tegasnya.
Sebenarnya, pelayanan publik itu sudah tersentral di Mal Pelayanan Publik Siola. Namun, karena masih banyak warga yang mengeluh jauh untuk ke Siola, sehingga dibuat kebijakan membangun Sentra Pelayanan Publik di masing-masing wilayah.
Khusus di Surabaya pusat bisa langsung ke Mal Pelayanan Publik Siola, kemudian di Surabaya Timur bisa ke Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) di Jalan Raya Menur, lalu Surabaya Selatan di Sentra Pelayanan Publik yang ada di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), di Surabaya Barat bisa langsung ke Sentra Pelayanan Publik Pakal di Taman Cahaya Pakal, dan untuk Surabaya Utara di Nambangan.
“Kita bangun semuanya di masing-masing wilayah supaya warga tidak perlu jauh-jauh ke Siola,” tegasnya.
Eri menjabarkan bahwa bentuk pelayanan yang ada di Sentra Pelayanan Publik Pakal itu merupakan pelayanan dasar. Ia berharap warga Kota Surabaya bisa memanfaatkannya.
“Warga Surabaya kalau tidak bisa mengurus di Balai RW, bisa langsung ke sini, mengurus apapun itu. Tapi, sebenarnya saya ingin pelayanan itu berhenti dan selesai di Balai RW,” katanya. (ST01)





