• Redaksi
  • Contact
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Minggu, 7 Desember 2025
-18 °c
  • Login
Surabaya Today
  • Home
  • Peristiwa
  • Politik & Pemerintahan
  • Hukum & Kriminal
  • Ekbis
  • Serba Serbi
    • Olahraga
    • Sosbud
  • Daerah
  • Advertorial
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Politik & Pemerintahan
  • Hukum & Kriminal
  • Ekbis
  • Serba Serbi
    • Olahraga
    • Sosbud
  • Daerah
  • Advertorial
  • Indeks
No Result
View All Result
Surabaya Today
No Result
View All Result
Home Daerah

Luncurkan MyITS Services, ITS Tingkatkan Layanan Prima Transformasi Digital

by Redaksi
Selasa, 26 April 2022

SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Meski baru resmi berdiri pada Juni 2020 lalu, Pusat Layanan Terpadu (PLT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berupaya meningkatkan pelayanan guna mencapai tujuan World Class University (WCU) dan transformasi digital. Salah satunya melalui launching MyITS Services sebagai pengembangan layanan satu atap yang dibentuk dalam pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik ITS, Senin (25/4).

Dalam peresmiannya secara daring, MyITS Services ini dihadirkan dengan menerapkan pedoman yang mengacu pada visi Excellent Service and Innovation, yang diketahui memiliki makna memberikan layanan terbaik dengan inovasi-inovasi dalam setiap proses layanan. Keprofesionalan pengelola layanan, percepatan, kemudahan dan transparansi informasi juga dinilai sangat berdampak untuk membawa perubahan pada budaya layanan dan kepuasan pelanggan.

Layanan ini lahir melalui kerja sama antara PLT ITS dengan Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (DPTSI) ITS di bagian Subdirektorat Aplikasi dan Platform Digital. Tim ini juga melakukan koordinasi aktif dengan Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS sebagai penanggungjawab kebutuhan sumber daya sivitas akademika.

BACA JUGA:  ITS Beraudiensi dengan RSUD Mojokerto Siapkan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan

Wakil Rektor III Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi ITS Ahmad Rusdiansyah menjelaskan, layanan ini tak hanya berfokus pada perencanaan layanan, namun juga pada persiapan ruangan yang nantinya akan menjadi the centre of services.

Pelayanan optimal juga diberikan di era pandemi Covid-19, di mana mahasiswa diberikan banyak kemudahan dalam mendapatkan berbagai kebutuhan kampusnya. “Seperti Surat Keterangan Lulus (SKL), translate ijazah, hingga pelayanan legalisir yang kini dapat dilayani lebih mudah,” jelasnya.

Untuk mengakses aplikasi MyITS Services ini, para sivitas akademika perlu melakukan akses masuk ke situs myITS (https://my.its.ac.id). Nama pengguna dan kata sandi yang digunakan sendiri sama dengan akses masuk ke integra, sehingga pengguna tidak perlu mendaftar ataupun membuat akun baru.

BACA JUGA:  Mahasiswa ITS Inovasikan Sumber Energi dari Bakteri Limbah

“Pendaftaran hanya dilakukan ketika para sivitas akademika akan melakukan kegiatan untuk mendapatkan kebutuhan surat-surat,” ujar dosen yang akrab disapa Doddy tersebut.

Dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri ini berharap, MyITS Service dapat digunakan dengan baik selama era pandemi dan juga masa peralihan, di mana kampus sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar secara luring. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa layanan ini dapat dikembangkan untuk memfasilitasi sivitas akademika dari jarak jauh untuk ke depannya.

“Soal pengembangan lebih lanjut, tentunya menunggu arahan bapak Rektor dengan tetap mengikuti aturan kerja dan hal-hal yang ditargetkan,” tuturnya.

Pada peluncuran layanan MyITS Services ini juga dihadirkan webinar peningkatan layanan prima di ITS dengan narasumber Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Timur Agus Muttaqin. Dalam paparannya, Agus mengatakan, pelayanan di ITS tentunya harus mengikuti asas dan tujuan ombudsman yang ada, yaitu untuk memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat dan juga mewujudkan harapan masyarakat.

BACA JUGA:  Rancang Strategi untuk Kurangi Emisi Karbon

Dalam perjalanannya, Agus mengungkapkan bahwa ITS sama sekali tidak ada pengaduan terkait layanan publik yang ada. Hal tersebut juga didukung dengan raihan PLT ITS yang berhasil menduduki peringkat ke-3 terbaik dari seluruh lembaga di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan peringkat teratas di antara perguruan tinggi (PT) dalam penilaian monitoring dan evaluasi layanan publik.

Lebih lanjut, Agus berharap poin-poin urgent dan sakral yang ada pada pedoman layanan publik ini terus diperhatikan secara mendalam. ITS juga perlu melakukan pengujian standar pelayanan yang terdiri dari standar pelayanan, maklumat pelayanan, pengelolaan, sarana prasarana, hingga pada pelayanan terpadu dan rekognisi.

“Poin itulah yang merupakan kunci integrasi pelayanan guna menghindari maladministrasi yang ada di lingkungan akademik, kampus ITS,” tegasnya mengingatkan. (ST05)

Tags: ITSLayanan PrimaMyITS ServicesTransformasi Digital
ShareTweetSendShareSend

Related Posts

Ketua Perpamsi Teddy Setiabudi

Teddy Setiabudi Pimpin Perpamsi 2025–2029, Tegaskan Penguatan Kolaborasi dan Mitigasi Krisis Air Nasional

Minggu, 7 Desember 2025
Penyerahan bantuan secara simbolis pada Sekretaris Daerah Provinsi Aceh M. Nasir di Posko Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi Provinsi Aceh. 

Pemprov Jatim Serahkan Bantuan Kemanusiaan Senilai Rp 3,895 Miliar untuk Korban Bencana Aceh

Sabtu, 6 Desember 2025
Kegiatan Sabtu Berbagi oleh PAC PDIP Krembangan yang berlangsung di Jalan Lumba-Lumba, Surabaya.

PAC PDIP Krembangan Gelar “Sabtu Berbagi”, Wujudkan Gotong Royong untuk Warga

Sabtu, 6 Desember 2025

Empat Truk Logistik Bantuan dari Surabaya Kembali Diterbangkan ke Sumatra

Sabtu, 6 Desember 2025

Berita Terkini

Ketua Perpamsi Teddy Setiabudi

Teddy Setiabudi Pimpin Perpamsi 2025–2029, Tegaskan Penguatan Kolaborasi dan Mitigasi Krisis Air Nasional

Minggu, 7 Desember 2025
Penyerahan bantuan secara simbolis pada Sekretaris Daerah Provinsi Aceh M. Nasir di Posko Tanggap Darurat Bencana Hidrometeorologi Provinsi Aceh. 

Pemprov Jatim Serahkan Bantuan Kemanusiaan Senilai Rp 3,895 Miliar untuk Korban Bencana Aceh

Sabtu, 6 Desember 2025
Kegiatan Sabtu Berbagi oleh PAC PDIP Krembangan yang berlangsung di Jalan Lumba-Lumba, Surabaya.

PAC PDIP Krembangan Gelar “Sabtu Berbagi”, Wujudkan Gotong Royong untuk Warga

Sabtu, 6 Desember 2025

Empat Truk Logistik Bantuan dari Surabaya Kembali Diterbangkan ke Sumatra

Sabtu, 6 Desember 2025
Kesejahteraan Rakyat Kota Surabaya, Arief Boediarto, pada acara Madrasah Amil dan Nadzir di Ruang Majapahit, Kantor Bappendalitbang,.

Wujudkan Kota Pahlawan sebagai Kota Wakaf, Pemkot Surabaya Gelar Madrasah Amil dan Nadzir

Sabtu, 6 Desember 2025
Surabaya Today

© 2019 Surabaya Today

Navigate Site

  • Redaksi
  • Contact
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Peristiwa
  • Politik & Pemerintahan
  • Hukum & Kriminal
  • Ekbis
  • Serba Serbi
    • Olahraga
    • Sosbud
  • Daerah
  • Advertorial
  • Indeks

© 2019 Surabaya Today

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In