SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Pemkot Surabaya terus berinovasi memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan. Tentu saja kemudahan dalam memberikan pelayanan itu, perlu didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang menunjang.
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggagas ruang konsultasi di setiap kantor kelurahan dan kecamatan. Ruangan tersebut nantinya disiapkan untuk memberikan solusi bagi warga yang memiliki permasalahan terkait pelayanan publik.
“Di ruang konsultasi ini harus ada jawaban yang solutif dan penyelesaian sebuah masalah. Ketika warga itu keluar dari ruang konsultasi, maka harus sudah dapat jawaban atau solusi. Jadi petugas yang di ruang konsultasi nanti minimal Kepala Seksi (Kasi),” kata Wali Kota Eri, Selasa (7/12).
Ia menegaskan, ketika nanti ada warga yang datang dan ingin berkonsultasi, maka petugas di sana harus mampu untuk memberikan solusi. Apabila tidak mampu, petugas itu dapat langsung koordinasi secara berjenjang mulai dengan lurah, camat hingga dinas terkait.
“Jangan sampai belum ada jawaban warga itu kemudian disuruh kembali besok lagi,” tegasnya.
Untuk memudahkan koordinasi secara internal, Eri menginstruksikan jajarannya agar membuat sistem aplikasi. Melalui aplikasi tersebut, setiap permasalahan warga yang masuk dapat dirembuk secara bersama oleh instansi terkait.
“Nanti masuk ke sistem aplikasi. Kalau sudah masuk nanti semua (instansi) bisa menjawab,” terangnya.
Tak hanya memberikan kemudahan dalam pelayanan publik, Eri juga menginginkan agar ruang konsultasi tersebut didesain senyaman mungkin. Dia menginginkan agar konsep desainnya itu seperti ruang Swargaloka (Publikasi Suara Warga Mengelola Kebutuhan Adminduk) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya.
“Buat kayak ruangannya cafe seperti Dispendukcapil. Karena kalau loket kan sifatnya terbuka, jadi berbeda. Usahakan juga tampilannya berbeda. Jadi kursinya dibuat nyantai bentuknya, jadi orang datang itu nyaman, tidak takut,” papar dia.
Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu berkomitmen untuk mengubah Kota Pahlawan menjadi lebih baik lagi. Termasuk pula dalam hal pelayanan publik. Sehingga masyarakat benar-benar dapat menikmati Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya. (ST02)





