SURABAYATODAY.ID, SURABAYA – Berbagai bantuan dari stakeholder untuk percepatan penanganan Covid-19 terus mengalir ke Pemkot Surabaya. Terbaru, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima bantuan dari dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Yakni, PT Pertamina dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8, Senin (19/7).
Dari PT Pertamina, melalui Pertamina Peduli, bantuan berupa 2.000 unit alat rapid antigen, 5.000 masker medis, dan 100 baju hazmat. SedangkanPT KAI Daop 8 memberikan bantuan 2.860 kotak masker medis dan 498 kotak paket multivitamin atau sebanyak 49.800 tablet.
Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih atas bantuan ini. Baginya, bantuan tersebut sangat membantu pemkot dan warga Surabaya dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Tidak ada kata lain dan ucapan yang dapat kami sampaikan selain rasa terima kasih yang sebesar-besarnya, mewakili warga Surabaya,” kata Eri.
Dia mengaku terharu. Sebab di masa sulit seperti sekarang, warga Surabaya tetap saling gotong royong memenangkan pertempuran melawan Covid-19. Sehingga Surabaya dapat kembali menjadi kota yang nyaman.
“Ini sangat berarti untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kota Surabaya,” ujarnya.
Eri menceritakan, hingga hari ini Kota Surabaya terus berjibaku menanggulangi penyebaran Covid-19. Namun masih saja ada warga yang merasa penyakit ini adalah sebuah aib, sehingga mereka takut untuk melaporkan ataupun memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit. Padahal, apabila segera melapor, penyakit ini bisa segera tertangani.
“Mereka merasa hanya flu biasa, sehingga memilih isolasi mandiri dan mengkonsumsi obat flu biasa,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jatimbalinus Deden Mochammad Idhani mengatakan, Pertamina mendukung upaya-upaya penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan Pemkot Surabaya. Ia berharap, bantuan dapat meringankan beban pemkot dalam penanggulangan Covid-19.
“Intinya Pertamina mendukung upaya-upaya pemkot, mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa mengurangi beban pemkot dan bermanfaat untuk warga Kota Surabaya,” kata Deden.
Sementara itu, Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, melalui program CSR ini dapat semakin meningkatkan hubungan baik, antara PT KAI dengan Pemkot Surabaya dan masyarakatnya. Dia juga berharap bantuan dapat bermanfaat membantu masyarakat.
“Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat dan dapat membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Luqman Harun. (ST01)





